Design a site like this with WordPress.com
Mulakan

ORANG YANG PALING LETIH

ORANG YANG PALING LETIH 💧💦🔥

Orang yang paling lelah, capai dan letih adalah orang yang hidupnya hanya mengejar dunia dan berambisi untuk meraihnya. Karena dunia itu, semakin dikejar, semakin dia berlari. Setiap kali dia memperoleh satu nikmat, maka jiwanya akan meronta untuk memperoleh lagi kenikmatan yang lebih besar. 

Berkata Ibnul Qayyim rahimahullah, 

لا تجد أتعب ممن الدنيا أكبر همه وهو حريص بجهده على تحصيلها.

“Kamu tidak akan dapati orang yang paling letih, dari orang yang dunia menjadi tujuan terbesarnya dan sangat berambisi untuk meraihnya dengan segenap kemampuannya.” (Ighatsatul Lahafan, I/36). 

Berkata Imam Ibnul Qayyim rahimahullah, 

محب الدنيا لا ينفك من ثلاث : هم لازم و تعب دائم و حسرة لا تنقضي و ذلك أن محبها لا ينال منها شيئا إلا طمحت نفسه إلى ما فوقه كما في الحديث الصحيح عن النبي ـ صلى الله عليه و سلم ـ : “لو كان لابن آدم واديان من المال لابتغى لهما ثالثا”

Pecinta dunia tidak akan terlepas dari tiga hal: KESEDIHAN (kegelisahan) yang terus-menerus, KECAPAIAN (keletihan) yang berkelanjutan, dan KERUGIAN  yang tidak pernah berhenti, sebab setiap kali dia memperoleh satu nikmat maka jiwanya akan meronta untuk memperoleh lagi kenikmatan yang lebih besar. Berkata Nabi-sallallahu alaihi wa salam-seandainya anak Adam telah memiliki dua lembah emas,niscaya ia akan ambisi memiliki lembah emas lainnya”. (Igatsatul Lahafan 87).

Bahkan hidupnya akan terus disibukkan dengan berbagai macam urusan. Waktunya habis tercurahkan untuk mengejar dunia. Istirahatnya kurang, tidur pun sedikit, bahkan tidak bisa tidur sama sekali.

Berkata Al Hasan Al Bashri Rahimahullah, 

إياكم وما شغل من الدنيا، فإن الدنيا كثيرة الأشغال، لا يفتح رجل على نفسه باب شغل إلا أوشك ذلك الباب أن يفتح عليه عشرة أبواب

“Janganlah kalian sibuk dengan urusan dunia, karena dunia itu sangatlah menyibukkan. Tidaklah seseorang membukakan satu pintu kesibukan untuk dirinya, melainkan akan terbuka baginya sepuluh pintu kesibukan lainnya.” (Hilyatul Auliyaa’, II/153). 

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out /  Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out /  Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out /  Tukar )

Connecting to %s

%d bloggers like this: