PENGAJIAN PONDOK  ❓ SURAT IZIN MEROKOK ⁉️

PENGAJIAN PONDOK  ❓ SURAT IZIN MEROKOK ⁉️

.

.

Suatu hal yang sangat mencengangkan kalau sebuah pesantren mengeluarkan Surat Izin Merokok untuk Santri dan pengurusnya.

.

Jika ditanyakan, “Apa dalil haramnya rokok ?” 

Maka tanyakan, “Rokok itu menyehatkan atau merusak diri ?”

.

Jika dijawab, “Iya, rokok itu merusak diri sendiri.”

.

Maka terangkan bahwa hal tersebut sama halnya membunuh diri sendiri secara perlahan-lahan dengan merusak kesehatan dan Allah Azza Wa Jalla mengharamkan perbuatan tersebut.

.

Allah Azza Wa Jalla berfirman,

.

وَمَنْ يَّفْعَلْ ذٰلِكَ عُدْوَانًا وَّظُلْمًا فَسَوْفَ نُصْلِيْهِ نَارًا ۗوَكَانَ ذٰلِكَ عَلَى اللّٰهِ يَسِيْرًا وَلَا تَقْتُلُوْٓا اَنْفُسَكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيْمًا

.

“Dan janganlah kamu membunuh dirimu. Sungguh, Allah Maha Penyayang kepadamu. Dan barangsiapa berbuat demikian dengan cara melanggar hukum dan zalim, akan Kami masukkan dia ke dalam neraka. Yang demikian itu mudah bagi Allah.” (QS. An Nisa [4] : 29-30)

.

Dan merokok itu merusak diri, mencelakakan diri sendiri, mendatangkan kemudaratan kepada diri sendiri dan kezaliman kepada diri sendiri, dan hal itu diharamkan untuk mendatangkan kemudaratan kepada diri sendiri.

.

Telah menceritakan kepadaku Yahya dari Malik dari ‘Amru bin Yahya Al Muzani, dari Bapaknya bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

.

“Tidak boleh membuat kemudharatan pada diri sendiri dan membuat kemudharatan pada orang lain.”

.

– HR. Malik no. 1234 | no. 1494. Shahih

.

Telah menceritakan kepada kami Abdu Rabbih bin Khalid An Numairi Abu Al Mughallis berkata : telah menceritakan kepada kami Fudlail bin Sulaiman berkata : telah menceritakan kepada kami Musa bin Uqbah berkata : telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Yahya bin Al Walid dari Ubadah bin Ash Shamith radhiyallahu ‘anhu berkata,

.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memutuskan bahwa tidak boleh berbuat madharat dan hal yang menimbulkan madharat.”

.

– HR. Ibnu Majah no. 2331 | no. 2340. Shahih

.

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yahya berkata : telah menceritakan kepada kami Abdurrazaq berkata : telah memberitakan kepada kami Ma’mar dari Jabir Al Ju’fi dari Ikrimah dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

.

“Tidak boleh berbuat madharat dan hal yang menimbulkan madharat.”

.

– HR. Ibnu Majah no. 2332 | no. 2341.Shahih

.

Kalau semisal dia bilang bahwa rokok tidak mendatangkan mudarat atau mencelakakan diri sendiri, MAKA suruh buka mata lebar-lebar untuk membaca tulisan dan gambar yang ada di setiap bungkus rokok.

.

Dan jika telah sadar bahwa rokok itu perbuatan merusak diri, mencelakakan diri sendiri, mendatangkan kemudaratan kepada diri sendiri dan kezaliman kepada diri sendiri, maka bawakan penjelasan di atas.

.

Semisal beralasan, “Yang ngga merokok saja banyak yang mati ?”

.

Benar, hidup dan mati itu urusan Allah Azza Wa Jalla, namun selama masih hidup, Allah Azza Wa Jalla memerintahkan kita untuk mentaati segala yang datang dari-Nya dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sampai ajal menjemput, termasuk di dalamnya larangan perbuatan membunuh diri sendiri, baik langsung ataupun secara perlahan-lahan, dan larangan berbuat hal yang menimbulkan kemudaratan kepada diri sendiri, yang termasuk di dalamnya adalah Rokok.

.

Maka Rokok adalah Haram !

Hanya pengikut hawa nafsu yang menganggap halal barang yg lebih membawa banyak mudarat.

Kalaupun mengaku memiliki ilmu alat maka hanya digunakan untuk mendukung hawa nafsunya.

.

Atha bin Yussuf

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out /  Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out /  Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out /  Tukar )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: