Manfaatkan Umurmu Untuk Kematianmu

Manfaatkan Umurmu Untuk Kematianmu

๐Ÿชถ Orang berusia tua yang paling baik adalah yang mampu memanfaatkan umurnya untuk beribadah kepada Allah, dan mampu membendung hawa nafsunya dari godaan setan yang terkutuk. Abdullah bin Busr berkata:

_ โ€œAda seorang Arab badui bertanya kepada Rasulullah, โ€˜Wahai Rasulullah siapa manusia yang paling baik?โ€™ Beliau ๏ทบ menjawab:_

ู…ูŽู†ู’ ุทูŽุงู„ูŽ ุนูู…ู’ุฑูู‡ู ูˆูŽุญูŽุณูู†ูŽ ุนูŽู…ูŽู„ูู‡ู

“Orang yang panjang umurnya dan baik amalnya.” (HR. Tirmidzi; shahih: ash-Shahihah: 1836, al-Misyakah: 5285 (tahqiq kedua), ar-Raudh: 926)

๐Ÿ‚ Orang yang mampu memanfaatkan sedetik dari umurnya untuk beribadah kepada Allah, paling baiknya manusia di sisi Allah, dia beruntung karena tidak ada waktu bagi mereka melainkan untuk kebahagiaan dirinya dan umat. Amr bin Maimun al-Audy berkata, โ€œRasulullah ๏ทบ pernah menasihati seorang pria:

ุงุบุชู†ู…ู’ ุฎู…ุณู‹ุง ู‚ุจู„ ุฎู…ุณู ุดุจุงุจูŽูƒ ู‚ุจู„ ู‡ุฑู…ูƒูŽ ูˆุตุญุชูŽูƒ ู‚ุจู„ ุณูŽู‚ู…ููƒูŽ ูˆุบู†ุงูƒูŽ ู‚ุจู„ ูู‚ุฑููƒ ูˆูุฑุงุบูŽูƒ ู‚ุจู„ ุดุบู„ููƒ ูˆุญูŠุงุชูŽูƒูŽ ู‚ุจู„ ู…ูˆุชููƒูŽ

“Ambillah kesempatan lima sebelum datang lima: mudamu sebelum tua, sehatmu sebelum sakit, kayamu sebelum melarat, senggangmu sebelum sibuk, hidupmu sebelum mati.” (HR. Hakim, dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahih at-Targhib wat Tarhib 3/168)

โœ๐Ÿป Gunakan kesempatan dan kesehatan untuk beribadah, karena pada umumnya manusia lupa ibadah ketika sehat dan pada waktu luang, sebaliknya semangat ingin beribadah tumbuh ketika dilanda kesakitan dan bencana, namun hanya semangat karena kekuatan tidak ada. Nabi ๏ทบ bersabda:

ู†ูุนู’ู…ูŽุชูŽุงู†ู ู…ูŽุบู’ุจููˆู†ูŒ ูููŠู‡ูู…ูŽุง ูƒูŽุซููŠุฑูŒ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณู: ุงู„ุตูู‘ุญูŽู‘ุฉู ูˆูŽุงู„ู’ููŽุฑูŽุงุบู

โ€œDua kenikmatan yang sering dilupakan oleh kebanyakan manusia adalah kesehatan dan waktu luang.โ€ (HR. Bukhari no.5933)

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out /  Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out /  Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out /  Tukar )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: