JIKA KAU KECEWA, BERERTI ANDA TIDAK FAHAM

JIKA KAU KECEWA, BERERTI ANDA TIDAK FAHAM

.

“Hal yang membuatmu kecewa ketika tidak diberi adalah kerana engkau tak memahami hikmah Allah di dalamnya.”

[ Al-Hikam, Al-Imam Asy-Syeikh Ibnu Atha’illah As-Sakandari قدس الله سره ]

Syeikh Abdullah Asy-Syarqawi menjelaskan bahwa jika kau masih merasa kecewa dan sedih karena tidak diberi oleh-Nya, (itu tanda kau tidak memahami hikmah di balik pemberian Allah).

Seandainya Allah memberimu pemahaman, niscaya kau akan menikmati keadaanmu itu. Jika kau faham mengapa kau tidak diberi, tentu kau akan sadar bahwa dengan penolakan-Nya itu, (Dia ingin membimbingmu menuju pintu-Nya dan membuatmu bergantung kepada-Nya sehingga kau menjadi salah seorang yang dicintai-Nya).

Jika Allah mencintai seorang hamba, Dia akan melindunginya dari perkara-perkara duniawi. Kau juga akan memahami bahwa Allah mendorongmu untuk menempuh jalan para Muqarrabiin.

Syeikh Fudhail رحمة الله تعالى pernah berdoa : “Ya Rabb, Engkau buat aku dan keluargaku lapar. Engkau buat aku dan keluargaku telanjang, tak memiliki pakaian. Engkau lakukan ini hanya untuk hamba-hamba-Mu yang khusus. Lalu, dengan cara apa lagi aku memohon kebaikan ini dari-Mu?”

Jika kau faham mengapa kau tidak diberi, tentu kau sedar bahwa dunia ini Fana’ dan kenikmatannya akan Sirna sehingga kau keluar dari sana dengan membawa bekalmu untuk akhirat kelak. (Jika kau faham mengapa kau tidak diberi, tentu kau akan menyadari bahwa penolakan Allah itu adalah karunia dari-Nya).

[ Al-Hikam, syarah oleh Syeikh Abdullah Asy-Syarqawi ]

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out /  Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out /  Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out /  Tukar )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: