AKIBAT GAGAL MEMAHAMI TAUHID; TRITAUHID JUSTRU DIANGGAP SYIRIK ⁉️

AKIBAT GAGAL MEMAHAMI TAUHID; TRITAUHID JUSTRU DIANGGAP SYIRIK ⁉️

Setiap manusia wajib memahami tauhid,karena kegagalan memahami tauhid dalam merusak ibadah kita atau dapat menyeret kita kepada kesyirikan dan kesyirikan dapat menghapus segala pahala ibadah kita.

وَلَقَدْ أُوحِىَ إِلَيْكَ وَإِلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ ٱلْخَٰسِرِينَ 

Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. “Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi. [ QS. Az-Zumaar : 65 ]

Makanya tugas pertama para Nabi/Rasul Allah adalah mengajarkan tauhid kepada kaumnya lalu mengajarkan amalan-amalan ibadah. Oleh karena itu, kita perlu memahami dulu tauhid sebelum memperbanyak melakukan amalan ibadah karena apalah artinya banyak amalan yang dilakukan kalau tauhidnya salam. Itulah sebabnya rukun Islam yang pertama adalah mengucapkan dua kalimat sahadat, yang menjadi penentu rukun Islam berikutnya.

Tritauhid jauh beda dengan trinitas. Tritauhid adalah keyakinan akan ke-esa-an Allah yang diwujudkan dalam 3 keyakinan, yaitu :

📝1. Keyakinan bahwa Allah satu-satunya Dzat yang mencipta, memelihara dan meniadakan makhluk.

📝2. Keyakinan bahwa Allah satu-satunya Dzat yang berhak diibadahi.

📝3. Keyakinan bahwa Allah satu-satunya Dzat yang memiliki sifat dan nama-nama yang agung.

Sedangkan trinitas sudah jelas syirik karena telah membagi tuhan menjadi tiga oknum/pribadi.

Memahami tauhid melalui konsep tritauhid memang sulit karena :

📝1. Diri kita telah terbelunggu oleh kesyirikan sehingga sulit menerima ajaran yang membongkar kesyirikan kita.

📝2. Kuatnya upaya syaitan untuk melestarikan kesyirikan sehingga menghalang-halangi kita untuk memahami tauhid dan syirik dan membisiki kita untuk menjauhi kajian-kajian tauhid dan syirik.

📝3. Kebencian kita terhadap kelompok yang antisyirik dan bid’ah, sehingga mendengar kata tauhid, syirik, sunnah dan bid’ah, kita pasti berkata; “wah. itu wahabi, tukang mensyirikkan dan membi’ahkan.”

📝4. Kebodohan dan taqlid buta yang membuat hati tertutup sehingga sulit memahami kajian tauhid dan sunnah.

Orang yang memahami tauhid melalui pemahaman tritauhid pasti benci dan malu mencium nisan kuburan, mengomel di kuburan, minta petunjuk dan pertolongan pada penghuni kuburan, mencari berkah di kuburan, bernazar di kuburan atau tempat keramat, berkurban di kuburan/tempat keramat, mempersembahkan sesajen pada penghuni kuburan/tempat angker, memakai jimat, dan sebagainya karena mereka tahu bahwa semua itu adalah syirik dalam beribadah kepada Allah dan bukan hanya wahabi yang menjauhi semua itu, tetapi semua umat Islam yang benar ahlussunnah waljamaah karena bukan wahabi yang melarang syirik, tetapi Allah dan Rasulullah yang melarang kita melakukan syirik.

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out /  Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out /  Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out /  Tukar )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: