USTAZ BUKAN PELAWAK ‼️

USTADZ BUKAN PELAWAK ‼️

Kalau dengerin ceramah agama, prioritaskan sisi ilmiahnya, jangan cuma cari yang lucu². Malah kalau bisa hindari majelis² ceramah yang kebanyakan ngebanyol dan selalu bikin kita ketawa ngakak. Percayalah, ngga’ akan banyak ilmu yang masuk dalam hatimu di majelis² seperti itu.

Karena banyak tertawa itu bukannya menghidupkan hati tapi justru membuat hati semakin keras. Nabi shallallahu alaihi wa sallam sendiri yang bilang,

لا تكثروا الضحك فإن كثرة الضحك تميت القلب

“Janganlah kalian banyak tertawa, karena banyak tertawa akan mematikan hati.” (HR. At-Tirmizi no. 2227, Shahih Al Jami’ no. 7435)

Majelis Rasulullah dahulu bukanlah majelis yang dipenuhi dengan gelak tawa, majelis Rasulullah adalah majelis yg membuat kita semakin takut kepada Allah dan mengingatkan kita akan Surga dan Neraka, dari sahabat Hanzhalah al Usayyidi radhiyallaahu anhu, ia berkata,

لقيني أبو بكر فقال: كيف أنت يا حنظلة؟ قلت: نافق حنظلة! قال: سبحان الله ما تقول؟! قلت: نكون عند رسول الله ﷺ يذكرنا بالجنة والنار كأنا رأي عين فإذا خرجنا من عند رسول الله ﷺ عافسنا الأزواج والأولاد والضيعات نسينا كثيرا….

“suatu ketika Abu Bakar pernah menemuiku dan berkata, “Bagaimana keadaanmu wahai Hanzhalah?”. 

(Hanzhalah berkata) Maka aku katakan, “Hanzhalah telah menjadi munafik.” 

Abu Bakar mengatakan, “Subhanallah! Apa yang kamu ucapkan?”. 

(Hanzhalah berkata) aku katakan, “Ketika kami berada di sisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau mengingatkan kami kepada surga dan neraka sampai-sampai seolah-olah kami benar-benar bisa melihatnya secara langsung dengan mata kepala kami saat itu. Tapi, ketika kami telah meninggalkan majelis Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam maka kami pun sibuk bersenang-senang dengan istri-istri dan anak-anak serta sibuk dengan pekerjaan kami sehingga kami pun banyak lupa.”. (HR. Muslim)

Dahulu sahabat Hanzhalah tidak merasa dirinya baik-baik saja setelah berpisah dari majelis Rasulullah, karena di majelis tersebut disebutkan akan surga dan neraka, peringatan akan negeri Akhirat, di majelis tersebut terdapat kekhusyu’an dan penghormatan terhadap ilmu. Bahkan beliau sampai mengkhawatirkan adanya kemunafikkan dalam dirinya setelah berpisah dr majelis tersebut.

Bayangkan sebuah majelis ilmu yang apabila kamu sudah meninggalkannya maka majelis tersebut masih membuatmu selalu kefikiran tentang dosa, surga dan neraka, apakah terbesit dibenakmu bahwa dimajelis seperti itu akan dipenuhi dengan gelak tawa dan canda?!

Didalam majelis beliau, Rasulullah shallallaahu alaihi wa sallam pernah berkata kpd para sahabatnya,

لو تعلمون ما أعلم لضحكتم قليلاً ولبكيتم كثيراً

“Seandainya kalian melihat apa yang aku lihat niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis”. (HR. Muslim)

Ada sebuah hadits menyebutkan,

لاَ يُؤْمِنُ الْعَبْدُ الإِيمَانَ كُلَّهُ حَتَّى يَتْرُكَ الْكَذِبَ فِى الْمُزَاحَةِ وَيَتْرُكَ الْمِرَاءَ وَإِنْ كَانَ صَادِقاً

“Seseorang tidak dikatakan beriman seluruhnya sampai ia meninggalkan dusta saat bercanda dan ia meninggalkan debat walau itu benar.” (HR. Ahmad 2: 352).

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنِّي لأَمْزَحُ , وَلا أَقُولُ إِلا حَقًّا

“Aku juga bercanda namun aku tetap berkata yang benar.” (HR. Thobroni dalam Al Kabir 12: 391, Shahih Al Jaami’ no. 2494).”

Dari Bahz bin Hakim, ia berkata bahwa ayahnya, Hakim telah menceritakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَيْلٌ لِلَّذِى يُحَدِّثُ فَيَكْذِبُ لِيُضْحِكَ بِهِ الْقَوْمَ وَيْلٌ لَهُ وَيْلٌ لَهُ

“Celakalah bagi yang berbicara lantas berdusta hanya karena ingin membuat suatu kaum tertawa. Celakalah dia, celakalah dia.” (HR. Abu Daud no. 4990 dan Tirmidzi no. 3315) C&P.

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out /  Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out /  Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out /  Tukar )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: