Memperdalam Pengetahuan Agama

Memperdalam Pengetahuan Agama

وَمَا كَانَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لِيَنۡفِرُوۡا كَآفَّةً‌ ؕ فَلَوۡلَا نَفَرَ مِنۡ كُلِّ فِرۡقَةٍ مِّنۡهُمۡ طَآٮِٕفَةٌ لِّيَـتَفَقَّهُوۡا فِى الدِّيۡنِ وَ لِيُنۡذِرُوۡا قَوۡمَهُمۡ اِذَا رَجَعُوۡۤا اِلَيۡهِمۡ لَعَلَّهُمۡ يَحۡذَرُوۡنَ

“Dan tidak sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi (ke medan perang), mengapa sebagian dari setiap golongan di antara mereka tidak pergi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali, agar mereka dapat menjaga dirinya”.

(Qs, at-Taubah : 122)

Dalam kehidupan, terdapat berbagai macam ilmu yang bermanfaat untuk dipelajari, salah satunya ialah ilmu agama, sejak kecil, kita sudah diajarkan pendidikan agama oleh orang tua.

Selain itu kita juga diajarkan pendidikan agama di sekolah, tapi sayangnya zaman ini masih banyak yang belum banyak mempelajari ilmu agama, padahal memperdalamnya merupakan hal yang penting bagi manusia, dengan memperdalam ilmu agama maka kita akan mendapatkan manfaat bagi kehidupan kita.

Manfaat apa saja yang akan kita dapatkan saat memperdalam ilmu agama ?

1. Membuat manusia menjadi pribadi yang baik, karena memberikan pengaruh positif bagi orang lain, selain itu jika kita berbuat baik kepada siapapun, maka kita akan mendapatkan kebaikan juga dari orang lain.

 2. Terhindar dari perbuatan dosa, setan selalu membisikkan manusia agar selalu berbuat dosa, maka dengan itu manusia akan tahu larangan apa saja yang dapat menimbulkan dosa, menuju kesesatan, menuju pintu neraka.

3. Selalu ingat kepada Allah, terkadang kita sering menemukan orang yang jarang beribadah, bisa dikatakan kalau mereka jarang mengingat Allah, untuk itu pendidikan agama akan mengajarkan kita untuk taat beribadah, dan mengingat Allah.

4. Lebih bersyukur dalam kehidupan, pada dasarnya, manusia memang memiliki sifat yang tidak mudah puas, dengan adanya pendidikan agama, kita selalu diajarkan untuk selalu bersyukur dalam kehidupan.

Bila kita mendapat banyak rezeki, hendaklah kita bersyukur dan tidak sombong, lalu bila kita sedang mendapat musibah, kita juga harus bersyukur sebab Allah masih perhatian kepada kita.

5. Membuat manusia lebih ikhlas, saat manusia sedang diuji oleh Allah, terkadang manusia tidak ikhlas, ikhlas merupakan hal yang sulit untuk dilakukan, karena itu agama mengajarkan kita untuk selalu ikhlas dengan keadaan apapun, saat mendapat ujian hidup dari Allah, pasrahkan saja kepada Allah, sebab Allah menguji kita untuk meningkatkan derajat kita sebagai manusia.

Itulah manfaat yang akan kita dapatkan dari pendidikan agama, memang agama merupakan pedoman hidup yang penting bagi manusia, karena agama akan mengajarkan manusia untuk selalu berbuat kebaikan, selain itu agama akan membuat kita terhindar dari kesesatan.

Mulailah untuk belajar agama dari sekarang, sebab tidak ada kata terlambat untuk belajar, carilah ilmu syar’i, sebab dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa, “Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya ialah orang-orang yang berilmu.”

(Fathir: 28).

Perdalamlah ilmu yang mengantarkan kita pada rasa takut kepada Allah. Allah berfirman,

“Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?”

(Az-Zumar: 9).

Orang yang tahu tentang hakikat penciptaan manusia, tahu tentang syariat yang diturunkan Allah sebagai tata cara hidup manusia, dan tahu ke mana tujuan akhir hidup manusia, akan lebih khusyuk hatinya dalam ibadah dan kuat imannya dalam aneka gelombang ujian ketimbang orang yang jahil.

Orang yang tahu tentang apa yang halal dan haram, tentu lebih bisa menjaga diri daripada orang yang tidak tahu.

Orang yang tahu bagaimana dahsyatnya siksa neraka, tentu akan lebih khusyuk.

Orang yang tidak tahu bagaimana nikmatnya surga, tentu tidak akan pernah punya rasa rindu untuk meraihnya.

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out /  Tukar )

Google photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google anda. Log Out /  Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out /  Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out /  Tukar )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: