Pencuri Yang Paling Dibenci Oleh Rasulullah SAW

Siapakah Pencuri Yang Paling Buruk Menurut Rasulullah

Saudaraku yang di rahmati Allah.

Diantara kesalahan fatal yang dilakukan oleh sebagian kaum Muslimin dalam shalat mereka adalah meninggalkan thuma’ninah, padahal Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menganggapkan orang yang tidak melakukannya sebagai pencuri terjelek. Disebutkan dalam Musnad Imam Ahmad rahimahullah bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

.

أَسْوَأُ النَّاسِ سَرِقَةً الَّذِى يَسْرِقُ مِنْ صَلاتِهِ، قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَكَيْفَ يَسْرِقُ مِنْ صَلاَتِهِ؟ قَالَ: “لاَ يُتِمُّ رُكُوعَهَا وَلاَ سُجُودَهَا

Pencuri terjelek adalah orang yang mencuri (sesuatu) dari shalatnya.’ Para Shahabat Radhiyallahu anhum bertanya, ‘Wahai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ! Bagaimana seseorang mencuri sesuatu dari shalatnya ?’ Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Dia tidak menyempurnakan ruku’ dan sujudnya.’

Dalam hadits ini, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menganggap orang yang mencuri sesuatu dari shalatnya lebih buruk daripada orang yang mencuri harta.

Thuma’ninah dalam shalat itu termasuk salah satu rukun shalat. Shalat tidak dianggap sah tanpa ada thuma’ninah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengingatkan kepada salah seorang shahabat yang melakukan shalat dengan buruk :

Jika engkau berdiri hendak melakukan shalat, maka bertakbirlah, kemudian bacalah ayat al-Qur’an yang mudah bagimu. Setelah itu, ruku’lah sampai engkau benar-benar ruku’ dengan thuma’nînah. Kemudian, bangunlah sampai engkau tegak berdiri, setelah itu, sujudlah sampai engkau benar-benar sujud dengan thuma’ninah. Kemudian, bangunlah sampai engkau benar-benar duduk dengan thuma’ninah. Lakukanlah itu dalam shalatmu seluruhnya. ( HR. al-Bukhâri,no. 757 dan Muslim,no. 397 dari hadits Abu Hurairah Radhiyallahu anhu)

Dari hadits ini, para ahli ilmu mengambil kesimpulan bahwa orang yang tidak meluruskan tulang punggungnya dalam ruku’ dan sujudnya, maka shalatnya tidak sah dan dia wajib mengulanginya.

Kalau kita shalat dengan cepat seakan-akan dikejar waktu untuk segera selesai , dapatkah rukun shalat yang kita kerjakan dengan benar ( sesuai tuntunan Allah )?

Memang Allah tidak memerintahkan berlama-lama didalam shalat , tetapi perintah-Nya adalah khusyuk dan ikhlas.

Firman Allah Subhanallahu Ta’ala dalam Al-Qur’an

” Katakanlah, ” Tuhanku menyuruhku berlaku adil. Hadapkanlah wajahmu ( kepada Allah ) pada setiap shalat , dan sembahlah Dia dengan mengikhlaskan ibadah semata-mata hanya kepada Nya. Kamu akan dikembalikan kepada-Nya sebagaimana kamu diciptakan semula. ” ( QS. Al-A’raf (7) : 29 )

” Peliharalah semua shalat itu dan shalat Wustha ( Ashar). Dan laksanakanlah ( shalat) karena Allah dengan KHUSYUK.” ( QS. Al-Baqarah (2) : 238 )

KHUSYUK DALAM SHALAT SALAH SATU CIRI ORANG BERUNTUNG

Firman Allah Subhanallahu Ta’ala dalam Al-Qur’an

” Sungguh beruntung orang orang yang beriman, ( yaitu ) orang  yang khusyuk dalam shalatnya.” ( QS. Al-Mu’minun (23) : 1-2 )

SHALAT UNTUK MENGINGAT ALLAH

Lakukan shalat dengan khusyuk dan tuma’ninah ( sesuai tuntunan) karena dengan begitu tujuan dari shalat itu akan terpenuhi , yaitu mengingat Allah.

Firman Allah Subhanallahu Ta’ala dalam Al-Qur’an

” Sungguh , Aku ini Allah, tidak ada Tuhan selain Aku , maka sembahlah Aku dan laksanakanlah shalat untuk mengingat Aku. ” ( QS. Thaha (20) : 14 )

Rasulullah Shalallahu Alaihis Wa salam dalam haditsnya,

Engkau sembah Allah seolah-olah engkau melihatnya. Apabila engkau tidak melihat-Nya, maka Ia akan melihat engkau. ( HR Bukhari)

Semoga Allah menjadikan kita sebagai hamba Nya yang khusyuk dan ikhlas beribadah kepada-Nya.

Ya Allah  , berilah kebaikan kepada kami di dunia dan di akhirat dan hindarkan kami dari siksa neraka. Aamiin.

Kebenaran milik Allah Subhanallahu wa ta’ala dan kesalahan adalah perbuatan manusia oleh karena itu apabila ada yang salah mohon dimaafkan. C&P.

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out /  Tukar )

Google photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google anda. Log Out /  Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out /  Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out /  Tukar )

Connecting to %s